5 Jenis Investasi yang Ramah untuk Pemula

5 Jenis Investasi yang Ramah untuk Pemula

Ipasvinapoli – Apakah Anda tertarik untuk berinvestasi, tetapi masih bingung memilih jenis investasi yang tepat untuk pemula? Apalagi sekarang ini banyak sekali jenis investasi yang bisa dipilih. Hal ini tentu saja membuat Anda bingung dalam memilih investasi yang tepat. Ditambah dengan minimnya pengalaman berinvestasi, tentunya Anda harus mulai dengan mempelajari cara berinvestasi sebelum memutuskan investasi yang tepat.

Banyak anak muda di era milenial saat ini yang tertarik untuk berinvestasi. Fenomena ini muncul karena beberapa alasan, termasuk pemeliharaan inflasi di masa depan, pembiayaan kebutuhan sehari-hari, pengembangan kekayaan dan, tentu saja, memperoleh pendapatan.

 

Secara umum, setiap investasi menghadirkan risiko yang berbeda, tergantung pada jenis investasi yang dipilih. Tapi ini dianggap jauh lebih baik daripada menyimpan uang Anda dengan aman. Risikonya jauh lebih tinggi, karena uang Anda perlahan akan habis. Lain halnya ketika Anda berinvestasi, maka uang Anda akan naik.

 

Mencari investasi yang menguntungkan di era digital sebenarnya tidak terlalu sulit, karena Anda memiliki banyak pilihan jenis investasi yang cocok dan sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda ingin berinvestasi tetapi masih bingung bagaimana memilih investasi, berikut adalah jenis investasi yang ramah pemula yang direkomendasikan Bina BNI:

 

  1. Berinvestasi dalam emas batangan

Investasi emas merupakan jenis investasi yang cocok untuk pemula. Memulai investasi ini cukup mudah. Namun Anda juga perlu mengetahui triknya, agar nilai investasi Anda bisa meningkat. Anda juga harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mulai berinvestasi emas agar dapat memilih tempat penyimpanan emas yang aman.

Anda dapat membeli emas dari yang termurah. Kemudian, lihatlah evolusi harga pasar untuk mengetahui harga emas di pasaran. Dengan cara ini Anda dapat mengambil keputusan untuk membeli atau menjual emas. Gunakan strategi yang tepat untuk meningkatkan keuntungan.

 

Manfaat berinvestasi emas memang tidak sebesar jenis investasi lainnya, seperti investasi real estate. Namun, berinvestasi emas dinilai cukup aman, karena harga emas selalu cenderung naik. Selain itu, emas juga lebih mudah untuk dijual kembali.

 

  1. Investasi dalam saham

Saham-saham tersebut merupakan bukti pemilikan kepemilikan saham pada suatu perusahaan saham gabungan (Tbk). Anda dapat berpartisipasi dalam investasi dengan membeli saham yang dijual oleh perusahaan publik di pasar modal. Pemegang saham akan menerima deviden (keuntungan) berdasarkan jumlah saham yang dimilikinya.

Harga tiap lembarnya berbeda-beda, namun harganya relatif terjangkau. Jadi siapapun bisa membelinya. Semakin banyak saham yang Anda beli, semakin besar keuntungan yang akan Anda dapatkan.

 

Untuk mulai berinvestasi saham, Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Anda juga dapat dengan mudah menjual kembali saham dan memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan tak terbatas.

 

  1. Investasi di reksa dana

Jenis investasi yang cocok bahkan untuk pemula adalah reksa dana. Berbeda dengan saham, ketika Anda ingin berinvestasi di reksa dana, dana yang Anda investasikan akan dikelola oleh manajer yang berpengalaman dan profesional. Anda tinggal menunggu dana Anda dikelola.

Anda bisa berinvestasi di reksa dana mulai dari Rp. Hanya 100 ribu. Oleh karena itu, sangat cocok bagi mereka yang memiliki modal minim. Apalagi sekarang ini sudah banyak perusahaan yang menawarkan investasi reksa dana dengan sangat mudah. Investasi sebenarnya hanya bisa dilakukan melalui aplikasi di ponsel.

 

  1. Investasi dalam keterampilan

Investasi yang tidak kalah pentingnya adalah memanfaatkan skill yang Anda miliki untuk mendapatkan penghasilan yang banyak. Pilih keterampilan Anda, lalu asah keterampilan Anda dengan mengikuti pendidikan atau kursus tambahan. Misalnya, jika Anda menyukai bahasa Inggris, Anda dapat mengikuti kursus bahasa Inggris atau mengikuti lokakarya atau seminar yang masih relevan.

Ketika keterampilan Anda sudah matang dan Anda memiliki sertifikat, maka Anda memiliki kesempatan untuk membuka kursus bahasa Inggris atau mengajar di lembaga yang membutuhkan guru bahasa Inggris.

 

Anda dapat memilih salah satu keterampilan yang sangat Anda butuhkan saat ini, termasuk guru bahasa Inggris, desainer web, desain interior, pengembang web, desain grafis, dll.

 

  1. Investasi real estat

Jika Anda memiliki uang lebih, Anda dapat memilih untuk berinvestasi di properti. Ada banyak jenis investasi real estate yang bisa dipilih, mulai dari persewaan ruko, ruko, rumah, tanah (tanah kosong) hingga wisma. Meski membutuhkan modal yang besar, namun investasi properti sangat menjanjikan karena nilainya terus meningkat setiap tahunnya.

Investasi ini juga cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu mengelola properti yang Anda miliki dengan baik, agar nilainya tidak berkurang, yaitu memilih bahan bangunan yang berkualitas baik, merawat properti dengan baik dan mengganti bagian-bagian properti yang sudah mulai lapuk.

 

Oleh karena itu, artikel tentang beberapa investasi yang dapat Anda pilih yang dapat Anda lakukan meskipun Anda memiliki sedikit latihan. Tidak mudah untuk mewujudkan impian Anda. Anda harus bekerja keras dan menyusun strategi yang tepat agar nilai investasi Anda terus meningkat.